Inspirational life

"what you think, is who you become"

get a job

Selasa, 30 Desember 2008
–Balikpapan at night 23.00 WITA

Hari ini merupakan saatnya awal tolak mengubah karakter pada diriku dalam bekerja esok harinya supaya menjadi muslim yang professional. Aku bersyukur karena Allah SWT memberikan pekerjaan saat ini untuk diriku. Dengan diterimanya aku bekerja di perusahaan ini, maka akan banyak tantangan dan ujian yang Allah berikan kepadaku supaya bisa belajar dari fenomena kehidupan di dunia kerja.
Waktu aku sedang menyelesaikan tugas akhirku di kampus, sudah ada beberapa kehidupan kerja yang mulai aku pelajari dan aku renungi sampai sekarang. Ketika dulu sebelum seminar, sudah ada tawaran untuk mengajar SMA di bimbingan belajar Q-Matrix. Peluang itu coba aku ambil untuk mencukupi kebutuhan kuliahku dan supaya bisa menabung buat masa depan. Saat mengajar itulah aku mendapat insight berharga dari Pak Rahman Sidi, seorang guru dengan totalitas dalam mengajarkan ilmunya kepada anak didiknya. Sungguh belum pernah aku temui guru seperti beliau, walaupun sudah tua tapi dia dengan ikhlas mengajarkan semua ilmunya hanya untuk Allah semata. Beliau tidak memikirkan lagi jauhnya tempat mengajar, asalkan anak2 didiknya yang di bimbel itu bisa dapat ilmu darinya. Kalau aku ingat, rumah dia ada di depok kelapa dua, sedangkan tempat mengajarnya ada 2 tempat di Q-matrix Pasar Minggu dan Bogor. semoga Allah mempertemukan aku dengan dia lagi di lain kesempatan. Ketika sedang mengajar di Q-Matrix, ada tawaran juga dari School of Universe untuk mengajar IT di sekolah  alam tersebut. Karena tingkat akhir jadwal kegiatanku banyak waktu kosongnya, akhirnya kucoba untuk apply ke sana dan ku bawa map berisi surat lamaran serta biodataku yang masih menyatakan kuliah tingkat akhir. Sampai di sana aku diwawancara dengan bahasa inggris, tes tilawah, dan hapalan surat juz 30. Alhamdulillah, Allah memudahkan jalan untuk diterima di sana. Banyak hal yang aku alami di sana, mulai dari tahu dunia guru dan anak2. Kesabaran dan kedekatan sangat ditekankan dalam mengajar anak2 agar kondisi anak tetap senang dalam belajar.
Akhirnya waktu seminar tugas akhir pun tiba, yaitu hari selasa 29 Juli 2008. Aku pun meninggalkan kegiatan mengajarku di bimbel dan sekolah tersebut dari seminggu sebelum seminarku. Dari hasil seminar, alhamdulillah tidak ada perbaikan dari program aplikasi yang saya buat. Sehingga lusanya hari Jumat sore tanggal 1 Agustus 2008 bisa langsung sidang tugas akhir. Hasilnya, Alhamdulillah saya dinyatakan lulus oleh dosen pengujiku dengan nilai A. Setelah selesai ujian aku meminta cuti mengajar selama 2 minggu untuk menyelesaikan perbaikan tulisan skripsiku buat dijilid dan dikumpulkan ke departemen, fakultas, dan rektorat. Waktu 2 minggu pun akhirnya berlalu, akhirnya aku pun kembali mengajar school of universe bertemu dengan anak2 manis dan lucu2 yang sempat membuat aku memimpikan seperti mengajar anak sendiri. Di sekolah ini diajarkan dengan pendidikan dua  bahasa dalam praktek pelaksanaan belajar mengajarnya, yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia. Memang diharapkan anak2 lulusan sekolah ini dapat menjadi orang yang siap untuk bekerja maupun berwirausaha sendiri dengan skill yang langsung bisa dipraktekan dalam kehidupan nyata.

4 responses to “get a job

  1. duniabaruku January 1, 2009 at 2:05 pm

    hmm…hm….
    backlink ya…
    Gimana kabar di Balikpapan?

  2. duniabaruku January 4, 2009 at 9:54 am

    ikhwan atau akhwat? Kontak-kontak ya. Ha..ha…

  3. Ikin January 9, 2009 at 6:11 am

    wah…wah…udah keduluan akh udin euy…
    yg bener ngajar di Q-Matrix ato di School of Universe tuh Ghi…(ga zel boo…)
    Ga penting kali ya,…
    Ok deh Bos sukses ya…
    Eh….katanya (‘nya’=salah satu temen kosanmu) mau nikah segera, kpn?)🙂

Leave a Reply

