Inspirational life

"what you think, is who you become"

thanks mr iwan…

Hari jumat ini merupakan hari menuju akhir pekan yang cukup panjang, karena hari senin libur hari kemerdekaan. ketika jam10.30 kusandarkan badan di masjid istiqomah Pertamina Balikpapan untuk sholat dhuha dan persiapan Sholat jumat. waktu itu nggak menyangka ternyata khotib dan imam yang memimpin sholat jumat ternyata ust. Samiun Jazuli dari Jakarta. Wah, kesempatan yang tepat mendengarkan khotbah jumat dan taujihnya yang belum pernah aku dengar lagi sejak lulus dari IPB. Kuperhatikan dan kudengarkan setiap kata yang keluar dari isi khotbahnya, sungguh membuat hati ini tersentuh dan mata yang biasanya terkantuk pun menjadi tetap fokus menyimak isi khotbah beliau.
Sholat jumat pun usai, diri ini pulang ke kantor untuk makan siang dan siap melanjutkan pekerjaan lagi. jam15.00, aku keluar naik motor untuk mengambil kartu halo telkomflash di grapari dan menginstall PCI card printer passbook di bank permata. Selama perjalanan ke bank permata, adzan asar berumandang. kemudian aku belokkan arah motor ke masjid sahibbulislam yang terletak 500m dari bank permata. selesai mengerjakan sholat asar, aku keluar menuju motor yang menjadi teman setiaku sejak SMA. tiba-tiba dari kejauhan ada orang yang menghampiriku dan mengajak berkenalan. namanya pak iwan, dia bekerja sebagai PNS di depkes balikpapan. di awal perkenalan, dia memperhatikan plat nomor yang terpasang di motorku yang menggunakan plat nomor G. ketika ditanya dari pekalongan atau batang, aku spontan mengatakan dari batang. ternyata dari pak iwan pernah singgah di batang selama 9 hari bersilaturahim dengan sahabatnya yang saat itu sebagai ketua muhammadiyah di batang. setelah bercerita tentang asal dan perantauan dia di batang, kemudian pak iwan menanyakan pekerjaanku di balikpapan. saat itu kujawab kalau aku bekerja di astragraphia cabang balikpapan, sebagai analyst dengan background ilmu komputer dari IPB. Pak Iwan memperhatikan wajahku sejenak dan berpendapat kalau muka-ku lebih cocok jadi PNS, karena masih tampak kepolosan dari wajahku yang kurang expressif di dunia pekerjaan swasta dan tenaga IT di goverment lebih dibutuhkan oleh negara ke depannya oleh orang2 IT yang masih muda terutama di Balikpapan. gubrak!, sungguh sangat ‘nyletuk’ betul kritikan pak iwan. walaupun baru kenal, tapi knapa bisa tepat. memang di dunia professional aku masih berusaha tampil ‘berwarna’ untuk mengurangi kepolosanku sejak transisi dari dunia kuliah ke dunia professional. ketika ditanya umur dan kujawab masih 23 tahun, pak iwan tersenyum dan memberikan motivasi bahwa “jalan kamu ke  depan masih cerah, kemungkinan 2 tahun lagi sudah nggak polos lagi”. pak iwan kemudian bercerita kalau di PNS bisa melanjutkan ke S2 dengan dibiayai oleh kantor, dan tingkat intensifnya mulai bertambah. Pak iwan pun menyarankan kalau ada kesempatan CPNS dicoba, karena kesempatan tidak datang dua kali. di akhir pertemuan itu, dia sempat menanyakan tentang statusku di balikpapan, sudah menikah atau belum. dan aku pun menjawab belum karena sedang dalam proses. pak iwan berpesan kepadaku agar jangan lama-lama menyendiri, segera menikah karena bisa meringankan dan membantu dalam menempuh kehidupan kedepannya. saat itu pula, ku berikan kartunamaku dan aku minta contact pak iwan agar tidak lupa dan bisa silaturahim di lain kesempatan.
Thanks pak iwan atas masukan dan sharing pengalaman yang telah engkau berikan kepadaku. semoga Allah menemukan kita di lain waktu dan bisa tetap menjalin silaturahim. thanks Allah, tanpa kehendakMu mungkin pertemuan dengan pak Iwan tak akan terjadi.

~FokusMenggapaiMimpidanTujuanHidup~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: